Rabu, 18 Oktober 2023

Klarifikasi Video Provokatif Kasus Masjid Al Hidayah Perum Agape Tumaluntung, Kapolres Minut : Jangan Terprovokasi Isu Hoax

Airmadidi, TBnewsminut — Kapolres dan Bupati Minut menggelar tatap muka bersama pengurus BTM Al hidayah Tumaluntung terkait Beredarnya video Provokatif terkait kasus di Masjid Al Hidayah Perum Agape Tumaluntung tidak benar alias HOAX. Hal tersebut disampaikan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo dalam pertemuan bersama di Masjid Al Hidayah Perum Agape Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa 17 Oktober 2023.

Bupati Joune Ganda menegaskan, video yang beredar seperti yang telah diviralkan tidak benar karena kondisi yang ada di Perum Agape Desa Tumaluntung dalam keadaan aman dan tidak ada isu apapun.

“Saya disini berada di Mesjid Al Hidayah Tumaluntung menyatakan situasi umat muslim dan seluruh denominasi gereja saat ini dalam keadaan baik dan rukun. Tidak ada isu apapun terkait ada perbedaan atau konflik. Kita disini dalam keadaan bersahabat dan baku-baku bae (saling mengasihi), “pungkas Bupati Joune Ganda bersama Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung.

Ditambahkan Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, terkait beredarnya kembali isu provokatif oleh orang tidak bertanggung jawab tentang kejadian pengrusakan musholla di agape 2 tahun lalu, Kapolres langsung mengecek dan melakukan tatap muka bersama pemerintah desa dan pengurus BTM Masjid Al hidayah bahwa isu tersebut tidak benar adanya.

Kapolres Minut juga mengajak semua lapisan pemerintah desa dan pengurus BTM untuk tidak terpengaruh paham radikalisme dan Intoleransi serta hoax.

“Saya Kapolres Minahasa Utara bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dari mesjid Al Hidayah Tumaluntung mengklarifikasi berita bahwa masjid Al Hidayah Tumaluntung aman damai dan terkendali. Jangan terprovokasi agar tidak menjadi provokator, ” tegas Wibowo.

Sementara, ketua BTM Al Hidayah Tumaluntung Daniel Pangemanan menyampaikan, pada saat itu kejadian 2 tahun yang lalu sudah ditangani dengan baik oleh pemerintah dan pelaku yang terlibat telah ditangkap. “Saat ini kami semua disini sudah terjamin keamanan, keserasiankeserasian dan damai. Video viral tersebut adalah provokasi. Tolong masyarakat semua pahami dengan baik. Negara Indonesia ini milik kita. Mari kita jaga negara ini, ” ujar pangemanan.

Pada kesempatan ini dilaksanakan juga Deklarasi penolakan paham radikalisme dan intoleran serta hoax.

Hadir dalam pertemuan tersebut Bupati Minta Joune J.E. Ganda, SE, M.A.P., M.M., M.Si, Wakil Bupati Minut Kevin W. Lotulung, SH, MH, Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, SIK, SH, MH, Asisten I Minut Umbase Mayuntu, Kabag Ops AKP I Komang S. Wijaya, S.Pd., M.Si, Camat Kauditan Roy Rampengan, Kasat Binmas Iptu Djonli Pangemanan, Kapolsek Kauditan Iptu Iwan Toani SH, Kanit SPKT Ipda Hein Lumentut, KBO Sat Intelkam Richard Mantiri, Hukum Tua desa Tumaluntung Richard Kamagi SH, Imam masjid Al Hidayah Ustad Daud Katili, Ketua BTM dan pengurus masjid Al Hidayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda disini