Rabu, 31 Januari 2018

Personil Polsek Kema Kawal Upacara Adat Tulude Di Desa Makalisung



Gelaran Upacara Adat Tulude dilaksanakan di Desa Makalisung Kecamatan Kema,  acara Adat Tulude yang bisa diartikan dengan "Menolak" dalam pengertiannya adalah menolak semua hal yang tak baik di tahun 2017, agar tidak terbawa di tahun 2018.

Dengan diselenggarakan acara Adat Tulude ini,  Kapolsek Kema AKP Ibrahim Abd Wahe,  langsung memberikan pelayanan yaitu melaksanakan tugas Pengamanan dengan melibatkan 10 personil dari Polsek Kema dan di back up personil dari Polres Minut dengan melibatkan 4 personil dari Polres Minut,  Rabu (31/01/2018) Pukul 14.30 Wita.




Pesta adat Tulude ini dilaksanakan masyarakat Desa Makalisung yang masih berketurunan Sangihe,   untuk melestarikan adat istiadat yang sudah ratusan tahun turun menurun dilaksanakan oleh nenek moyang mereka,  diiringi dengan tarian Tatonggo dengan Tarian Sarae/Tali Lengso yang berasal dari Sangihe,  mengantar Kue Tamo menuju tempat digelarnya acara Adat Tulude.

"Kami sebagai warga masyarakat Sangihe yang ada di Desa Makalisung Kecamatan Kema Kab.  Minut,  selalu menggelar Pesta Adat Tulude ini sebagaimana artinya "Menolak"  menolak hal-hal yang tidak baik di tahun lalu untuk tidak terbawa sampai ke tahun 2018," jelasnya.




Hadir dalam Acara Adat Tulude,  Kapolsek Kema AKP Ibrahim Abd Wahe,  Camat Kema Alfrets Pusungulaa MAP,  Hukum Tua desa Makalisung Steven Tumilantow,  dan Tokoh agama, Tokoh Adat serta warga Sangihe dan warga makalisung.

Kapolsek Kema mengatakan,  dengan dilaksanakannya pesta Adat Tulude ini,  diharapkan agar warga Sangihe yang berada di Desa Makalisung, agar menjaga persaudaraan dan menjauhkan dari perselisihan serta hidup rukun dan damai.

Acara Adat Tulude berjalan dengan baik aman dan lancar,  dan berakhir pada pukul 17.00 wita.


#ismohumassekkema#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda disini