Selasa, 13 Februari 2018

Kapolres Bersama Bupati Minut Tanda Tangani MoU Dana Desa




Pengelolaan Dana Desa juga menjadi perhatian Kepolisian Resor Minahasa Utara. Kembali di tahun 2018 Ini diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kepolisian Resor Minahasa Utara dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.
Kerjasama ini terkait pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan Dana Desa. Penandatanganan dilangsungkan di Kantor Bapelitbang Pemkab Minut, Selasa (13/2/2018).
Penandatanganan di hadiri oleh Sekda, Asisten 1, para SKPD Minut, Kasat Reskrim, Kasat Binmas, Kanit Tipikor Polres Minut, para Camat, Sekcam, para Hukum Tua se Kab Minut, para bendahara Desa serta BPD se Kab Minut.
Kepala Kepolisian Resor Minahasa Utara AKBP Alfaris Pattiwael SIK, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman antara Polres Minut dengan Pemkab Minut merupakan tindak lanjut kesepakatan Polri dengan Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri.
“Tujuannya adalah supaya meningkatkan atau berdaya guna pembangunan Desa dan pengawasan terhadap penggunaan Dana Desa adalah tanggung jawab kita semua ,” ungkap Kapolres.
“Jangan sampai terjadi penyelewengan Dana Desa yang dilakukan oleh aparat pemerintah Desa,” pesan Kapolres. Ada banyak motif dan modus penyelewengan yang bisa terjadi dalam pengelolaan Dana Desa.
Kapolres juga menyarankan agar para Kepala Desa mempublikasikan anggaran Desa sebagai bagian keterbukaan informasi publik yang bisa mengurangi munculnya masalah.
Sementara itu Bupati Minut menyampaikan banyak terima kasih dan mengapresiasi kepada Jajaran Polres Minut yang telah membantu mendampingi dan mengawasi dalam penggunaan Dana Desa di wilayah kabupaten Minahasa Utara.
Kepala Desa juga diharapkan menyambut baik Inspektorat yang bertugas melakukan pemeriksaan terkait laporan masyarakat.
“Kalau (laporan) itu fitnah segera terungkap. Kalau memang terbukti salah, maka segera ditindaklanjuti,” kata Bupati.
Kegiatan diakhiri dengan penyerahan penghargaan Kabupaten Minut Peduli HAM oleh Asisten pemerintah kepada Bupati dan didampingi kepala bagian hukum serta penyerahan simbolis kartu BPJS oleh Bupati kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda disini